Jumat, 28 September 2012

Cara Membuat Kliping yang Baik dan Benar

 
 
Cara Membuat Kliping yang Baik dan Benar - Kliping koran bukan sekedar asal mengunting dan menempel artikel koran sekenanya, ada beberapa tips untuk membuat kliping koran menjadi lebih menarik.

Seni membuat kliping sebenarnya telah diajarkan sewaktu kita duduk di bangku SD atau Sekolah Dasar. Pada umumnya teknik kliping digunakan untuk mengumpulkan beberapa berita atau artikel yang kita dapat dari media cetak seperti koran atau majalah yang kemudian kita gunting dan ditempelkan pada selembar helai kertas dengan ukuran dan format tertentu. Bagi yang mempunyai jiwa seni terkadang lembaran kliping diberi dekorasi di sekelilingnya. Sederhana bukan?

Beberapa tips untuk menghasilkan karya kliping yang bagus, adalah sebagai berikut.


1. Tempelkan kliping pada kertas yang mempunyai ketebalan sedang. Kertas yang terlalu tipis dapat menyebabkan lembaran kliping keriting. Sedangkan penggunaan kertas yg terlalu tebal dapat membuat ukuran kliping menjadi tebal dan memakan banyak tempat.

2. Gunakan lem yang cepat kering dan sedikit mengandung kadar air agar tidak merusak dan menimbulkan bercak-bercak pada potongan berita/artikel yang hendak ditempelkan.

3. Berikan jarak tepi (margin) secukupnya terutama margin sebelah kiri agar kumpulan kliping tersebut dapat dijilid dengan mudah.

4. Susunlah kliping menurut tanggal terbit isinya atau bisa juga disusun berdasar kelompok kategori berita kliping.

5. Berikan sampul dan sekaligus daftar isi yang jelas agar memudahkan pengguna kliping tersebut.

6. Lebih bagus lagi jika lembaran kliping diberi catatan khusus seperti: sumber, tanggal terbit, nama penulis, nomor halaman atau catatan atas keterangan yang lain.

7. Untuk selanjutnya, silahkan berkreasi.
 
hmm
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar